Jumat, 15 Juli 2011

Sahabat

     Setiap orang pasti punya seorang sahabat, aneh rasa nya jika orang yang tidak punya sahabat. Kecuali orang yang selalu menyendiri atau tertutup dengan orang lain, akan tetapi orang yang pendiam sekali pun pasti akan mempunyai seseorang untuk berbagi. Entah dengan keluarga, teman sebangku, sekuliahan, teman kerja. Kunci menjadi seorang sahabat ada beberapa hal, yaitu:

1. Menjadi pendengar yang baik
     Dalam kehidupan kita tidak akan luput dari masalah, entah urusan kantor, rumah tangga, hutang, percintaan (ini yang paling asik ^.^), kita tidak akan bisa menjalani nya semua sendirian. kita butuh saran, masukan atau referensi. Oleh karena itu kita harus bisa menjadi pendengar yang baik, mendengarkan setiap kata yang di ucapkan oleh sahabat kita. Jangan sampai kita tertidur ketika mendengarkan cerita nya (sungguh terlalu =.="), walau pun bosan, garing, engga penting atau engga jelas. kita tetap harus mendengarkan nya, kenapa? karena dia butuh kamu sebagai seorang sahabat. Dan satu hal lagi yang harus di ingat, jangan pernah kita memotong sabahat kita ketika bercerita, tunggu hingga dia selesai bercerita.

2. Bisa memberikan solusi
     Setelah kita mendengarkan semua cerita nya, kita juga harus mencerna nya dengan baik. jangan sampai kita tidak mengerti apa yang sahabat kita ceritakan. Sebagai sahabat yang baik, kita harus bisa memberikan solusi, memberikan masukan - masukan yang bermanfaat, jangan berikan saran yang ngelantur ato ngaco. Bukan nya tenang malah tambah pusing, kecuali jika masalah tersebut diluar kemampuan kita. Walaupun kita tidak bisa memberikan saran atau solusi, minimal kita bisa membuat nya tenang.

3. Rela berkorban
     Rela berkorban? itu harus, selama kita bisa, kita mampu, kenapa tidak? Disaat dia jauh dari orang tua, kekasih, dia hanya memiliki sahabat, orang yang paling dekat dan dipercayai. Jika bukan oleh kita, oleh siapa lagi? Bantulah sahabat kita jika dia memerlukan bantuan, tapi ingat! jangan pernah berkorban demi sesuatu hal yang buruk, hal -hal yang negatif. kenapa? jangan sampai sahabat kita salah langkah, sadarkanlah sesegera mungkin beritahu kalau dia salah.


4. Tidak bermuka dua
     Wah kalau kalian sampai melakukan ini, kalian bukan mendapatkan sahabat. Tapi seorang musuh, orang yang bisa membenci kalian seumur hidup. Janganlah sekali - kali menjadi orang yang bermuka dua, menjatuh kan sahabat sendiri. Kenapa? karena itu bisa menyakiti sahabat mu, kepercayaan yang telah di berikan oleh sahabat mu, akan hilang seketika jika kalian melakukan hal tersebut. Dan sangat sulit sekali untuk mendapatkan kepercayaan nya kembali, apalagi jika berbuat sesuatu yang fatal, apalagi kalau sudah menyangkut dengan masalah wanita. Oh my eyes..... O.O (sambil megang perut)


5. Selalu mengarahkan kedalam hal yang positif
     Yup.... ini betul sekali, mengarahkan kedalam hal yang positif, kecuali memang kita menjadi orang yang tidak baik atau jahat. Jika sahabat kita mulai melenceng, mulai terjerumus kedalam hal - hal yang negatif, segeralah kalian sadarkan. ceramahi bila perlu, beri tahu akibat yang akan dia perbuat. Dan ajaklah kedalam kebaikan, berbuat hal - hal yang positif. Tapi bukan positif hamil yah, itu lain lagi cerita nya.

     Ini adalah sebagian kecil dari kunci untuk menjadi sahabat yang baik, namun tidak salah nya jika dicoba. Sahabat sangat berati bagi kehidupan kita, jangan sampai kita membuang sahabat kita. Sahabat sangat sulit dicari, oleh karena itu jagalah sahabat kita. Mereka membutuhkan kalian dan kalian pun membutuh kan mereka, kalian pasti akan saling membutuhkan, kenapa? karena itulah guna nya sahabat....


      

0 comments:

Posting Komentar